Kota Semarang Jawa Tengah memiliki segudang potensi wisata yang unik dan menarik, termasuk juga wisata religi. Salah satu wisata religi terkenal di Semarang ialah Masjid Agung Jawa Tengah yang resmi berdiri sejak tahun 2006 lalu. Masjid terdiri dari bangunan utama seluas 7.669 m² dan halaman seluas 7.500 m² ini terletak di jalan Gajah Raya, Sambirejo, Kecamatan Gayamsari.

masjid agung semarang jawa tengah
Sumber: kemenag.go.id

Masjid Agung Jawa Tengah mengundang decak kagum bukan hanya karena luasnya, namun juga desain arsitekturnya yang begitu megah nan menawan. Tak heran jika pembangunan masjid yang mampu menampung lebih dari 15.000 jamaah ini membutuhkan waktu setidaknya 5 tahun untuk benar-benar rampung.

Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Agung Jawa Tengah juga merupakan obyek wisata terpadu pendidikan, religi, pusat pendidikan, dan pusat aktivitas syiar Islam.

Arsitektur Unik Hasil Perpaduan dari Tiga Kebudayaan

Salah satu hal menarik yang akan kamu temukan saat berkunjung ke Masjid Agung Semarang, Jawa Tengah, adalah arsitekturnya yang unik dan berbeda dibanding masjid lain. Pasalnya, desain masjid ini memadukan tiga kebudayaan sekaligus, yaitu Jawa, Roma, dan Arab.

Ciri arsitektur Jawa terlihat di beberapa bagian dari masjid ini, seperti bagian dasar tiang bermotif batik dan interior yang penuh dengan ukiran khas Jawa. Sedangkan kesan Arab begitu kental pada bagian dinding masjid yang berhiaskan goresan kaligrafi. Tak hanya itu, halaman masjid ini terlihat makin sempurna dengan 6 payung hidrolik raksasa yang diadaptasi dari arsitektur banguan Masjid Nabawi di Madinah.

payung hidrolik di masjid agung semarang jawa tengah
Sumber: kemenag.go.id

Bergeser ke bagian pelataran Masjid Agung Jawa Tengah, kamu akan melihat Gerbang Al-Qanatir, sebuah bangunan yang mirip dengan Colosseum yang ada di Roma. Gerbang ini memiliki 25 tiang yang menyimbolkan jumlah nabi dalam agama Islam.

Gerbang Al-Qanatir di masjid agung semarang jawa tengah
Sumber: kemenag.go.id

Menara Al-Husna Setinggi 99 Meter

Saat berjalan ke sisi selatan Masjid Agung Jawa Tengah, kamu akan menemukan Menara Al-Husna berlantai 19 yang memiliki ketinggian 99 meter. Bangunan yang juga sering disebut dengan Menara 99 ini melambangkan Asma Al-Husna atau 99 nama (sifat) Tuhan. Setiap lantai dari menara ini pun memiliki fungsi masing-masing.

Lantai 1 difungsikan sebagai stasiun Radio DAIS Masjid Agung Jawa Tengah, lantai 2 merupakan Museum Perkembangan Islam di Jawa Tengah. Terdapat juga sebuah kafe muslim di lantai 18. Uniknya, kafe ini bisa diputar 360 derajat, sehingga kamu bisa melihat pemandangan kota Semarang dari berbagai sudut. Untuk melihat keindahan kota Semarang dengan lebih jelas, kamu bisa naik ke lantai paling atas. Di sini, kamu bisa menikmati keindahan jejeran bukit di sebelah selatan dan pantai di sebelah utara dengan teropong pandang yang sudah tersedia.

menara masjid agung semarang jawa tengah
Sumber: javaloka.com

 

Berbagai Koleksi Menarik Masjid Agung Semarang

Tak hanya arsitektur bangunan Masjid Agung Semarang yang akan membuat kamu berdecak kagum, tapi koleksinya juga. Di masjid ini, kamu bisa melihat Al-Quran raksasa berukuran 145 x 95 cm² secara langsung. Al-Quran ini ditulis tangan oleh Drs. Khayatudin, dari Pondok Pesantren Al-Asyariyyah, Kalibeber, Mojotengah, Wonosobo. Selain itu, Masjid Agung Semarang Jawa Tengah juga memiliki bedug raksasa berdiameter 220 cm dan panjang 310 cm.

bedug masjid agung semarang jawa tengah
Sumber: javaloka.com

Nah, untuk kamu yang berencana liburan ke Semarang, jangan lupa mampir ke salah satu masjid termegah di Indonesia ini ya. Di sini, tersedia banyak fasilitas lain yang bisa kamu nikmati seperti perpustakaan, penginapan, auditorium, museum kebudayaan islam, hingga arena bermain anak-anak.

Sumber foto: Agoda