Udara segar langsung menyergap saat kaki menginjak tanah di lereng gunung Ungaran, tepatnya di tepatnya di Desa Ngesrepbalong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Ya, sejauh mata memandang, yang terlihat hanyalah hamparan cantik kebun teh.

Adalah Kebun Teh Medini, perkebunan seluas 386 hektar yang berlokasi tak jauh dari kota Semarang. Kebun ini berada di di sisi utara Gunung Ungaran dan berada di ketinggian 2.050 mdpl.

 

Kebun Teh Medini telah hadir sejak tahun 1901 atau sejak era kolonial Belanda. Untuk mencapai perkebunan ini memang harus melewati akses yang tidaklah mudah. Kendaraan yang biasa lewat jalan menuju kebun teh ini adalah standar truk pengangkut teh. Dengan medan jalan bebatuan keras, sangat tidak direkomendasikan menggunakan mobil jenis sedan.

Perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan pemandangan yang sejuk dan alami dari Perkebunan Teh Medini ini. Hamparan perkebunan bisa jadi terapi mata setiap meniti lereng-lerengnya. Udara sejuk dann wangi daun teh yang khas menjadi pesona tersendiri.

Tak hanya kebun, di sekitarnya juga terdapat Pabrik Teh Medini. Proses produksi teh juga bisa jadi ajang wisata bagi setiap pengunjung. Bahkan, terdapat juga air terjun yang masih alami, air terjun ini bernama Curug Lawe (curug: air terjun) yang bisa di akses hanya dengan berjalan kaki saja. Curug Lawe Medini ini dengan perjalanan sekitar waktu 15-20 menit dari pintu tiket masuk.

Untuk berkunjung ke Kebun Teh Medini, bisa melewati rute Pasar Jrakah – Boja hingga kecamatan Mijen dan Cangkiran. Saat sampai Cangkiran, lurus menuju Taman Rejo, kalau belok ke kanan akan menuju Kecamatan Boja. Setelah kelurahan Taman Rejo terlewatu, jalur berbatu dimulai. Berkunjung ke Kebun Teh Medini bisa jadi salah satu alternatif liburan akhir pekan bersama keluarga.