Semarang juga dikenal dengan banyak tempat wisata yang berbau religius. Tempat wisata populer diantaranya Klenteng Sam Po Kong di daerah Simongan yang merupakan sebuah bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok beragama islam yang bernama Zheng He / Cheng Ho.

Di sana terdapat Klenteng Sam Poo Kong yang dikenal dengan nama Kenteng Gedong Batu. Hampir semua bangunannya didominasi dengan warna merah dan terdapat banyak patung dewa dewi di sekitarnya.

 

Beberapa bangunan beratap susun dua, bahkan ada yang susun tiga untuk bangunan yang berada di tengah. Arsitektur bangunan tercermin sebagai akulturasi arsitektur dari China Daratan.

Di klenteng ini, pengunjung bisa melakukan ciamshie, yaitu kegiatan untuk melihat masa depan mereka. Dengan membakar dupa dan melempar kepingan “Im” dan “Yang” mereka bisa melihat keberuntungan apa yang bisa mereka dapatkan di masa depan.

Bangunan utama dari Klenteng Sam Poo Kong adalah sebuah gua batu yang dipercaya sebagai markas Laksamana Cheng Hoo. Di tengah bangunan utama, Anda bisa melihat patung Sam Poo Tay Djien yang namanya masih harum sampai saat ini. Patung setinggi 2 meter yang merupakan sumbangan dari pemerintah China baru dipugar dan diresmikan Juli 2011 lalu. Patung yang tadinya berbahan dasar batu kini sudah diganti menjadi perunggu.

Nama Klenteng Sam Poo Kong tidak hanya terkenal di dalam negeri, tapi juga di luar negeri, terutama di China. Klenteng yang memiliki luas 3,6 hektar ini merupakan klenteng tertua di Semarang. Yang paling terkenal dari klenteng ini adalah Terowongan Klenteng. Di sini Anda bisa melihat cerita perjalanan Laksamana Ceng Ho hingga sampai di Jawa. Cerita perjalanan ini bisa Anda lihat di sepanjang dinding gua batu yang dipahat.

Keunikan lain dari tempat Klenteng Sam Poo Kong adalah banyak dari warga China yang beragama islam yang datang berkunjung. Hal ini disebabkan oleh masyarakat China di Provinsi Yunan mengenal baik sosok Laksamana Cheng Hoo. Mereka meyakini bahwa Laksamana Hoo adalah seorang panglima perang utusan China keturunan Persia yang memiliki latar belakang Islam.

Jalan-jalan ke kota Lumpia belum lengkap rasanya bila tak mampir ke tempat wisata ini. Pastikan kamu mengatur waktu bila hendak berkunjung kesana, ya. Klenteng Sam Poo Kong buka dari pukul 08.00 – 20.00 WIB dan berlokasi di Jalan Simongan Raya No. 129 Semarang – Jawa Tengah.