Diolah dari tulisan Kadin Kota Semarang untuk Inflight Magazine

Semarang, kota metropolitan yang kental syarat pluralisme. Selain keberagaman yang dimiliki, Kota Lunpia ini juga memiliki topografi yang kompleks dan menarik. Pegunungan, pesisir pantai, berkolaborasi dengan tata kota yang selalu menuju ke arah perkembangan modern.

Bukan hanya itu, berbagai macam budaya yang dimiliki, menjadikan Semarang sebagai kota yang syarat akan berbagai pagelaran acara yang penuh makna. Sebut saja Warak Ngendok, acara tahunan yang diadakan sebagai tanda akan datangnya bulan Ramadhan. Ada Pasar Imlek Sewawis, Festival Durian di kawasan Waduk Jatibarang, Semarang Night Carnaval, dan masih banyak lagi.

Dan yang tak kalah menariknya, yakni Semarang Great Sale (Semargres), acara tahunan yang menghadirkan berbagai macam produk dengan harga yang bisa dibilang tidak wajar. Seperti namanya, Semarang Great Sale, acara ini diinisiasi oleh Kadin Kota Semarang untuk menggelar acara super heboh dengan menyajikan produk dengan diskon hingga 70 persen.

Siapa sih yang tidak suka shopping? Tentu saja mayoritas orang, baik muda, tua, laki-laki, perempuan, pasti sepakat untuk berkata “yes”, apalagi jika barang yang dicari sedang diskon besar-besaran. 

Rencananya, acara ini akan digelar pada 7 April hingga 7 Mei 2017. Pada awalnya, gebyar pesta diskon ini digelar pada awal tahun di saat banyaknya orang-orang berlibur dan berbelanja. Tetapi kemudian digeser pada periode April hingga Mei, sekaligus sebagai salah satu acara untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Semarang.

Menyiapkan hari libur di acara Semarang Great Sale mungkin dilakukan sebagian orang. Terlebih lagi jika Anda merupakan pekerja yang tak kenal waktu. Ambillah cuti minimal 3 hari untuk berpartisipasi dalam Semargres. 

Momentum Semarang Great Sale pastinya menjadi magnet bagi sejumlah asosiasi usaha, instansi, pedagang, pengusaha, UMKM untuk berlomba-lomba mengikuti bulan diskon di Kota Altas ini sebagai ajang promosi produk. Siang-malam Semarang Great Sale akan terasa seperti musim diskon di tempat-tempat yang bekerja sama dalam menyemarakkan Semargres.

Banyak asosiasi yang ikut serta, seperti Asosiasi usaha seperti Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Jateng, Asosiasi Pengusaha Pandanaran Semarang (APPS), Airline Operating Committee (AOC), hingga Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI). Bahkan Mall tidak ikut ketinggalan untuk berpartisipasi. Semargres juga menarik perhatian kalangan pedagang pasar yakni,  Pasar Bulu, Pasar Mijen, Pasar Surtikanti, Pasar Pedurungan, Pasar Peterongan, Pasar Gunungpati, Pasar Jatingaleh, Pasar Mangkang, pedagang kali lima (PKL), dan masih banyak lagi.

“Semarang Great Sale bisa dikatakan sebagai pemersatu bagi para pengusaha di Semarang khususnya. Selain pemersatu, juga bisa dikatakan ajang silaturahmi para pengusaha di Semarang,” ujar Mei Kristanti Ketua Semagres, Kamis, (23/2).

Tak hanya diskon yang dihadirkan, acara Semagres akan jadi semakin menarik dengan adanya berbagai hadiah undian, seperti mobil sebagai hadiah utama, belasan motor, dan masih banyak lagi. Jadi, selain mendapatkan barang incaran, Anda juga berkesempatan untuk membawa pulang hadiah undian tersebut. Semakin banyak kupon yang Anda dapat dari transaksi belanja, semakin besar pula peluang Anda untuk membungkus hadiah utama dan hadiah undian lainnya.

Dengan meriahnya acara Semarang Great Sale, tambah Mei, akan semakin membuat Kota Semarang menjadi semakin terkenal. Ia pun yakin Semagres tahun ini pun acara tersebut akan semakin meriah dibandingkan tahun sebelumnya. “Berbagai acara pendukung akan digelar untuk menambah daya tarik Semarang Great Sale atau Semargres 2017, seperti Semargres Run Colour Party dengan sasaran anak muda dan pelajar yang diharapkan mampu membuat viral di media sosial,” tambahnya.

Tidak menutup kemungkinan pengunjung luar Kota Semarang juga akan datang ke Semarang untuk menjajali kemeriahan pesta diskon Semargres.

Sementara itu, Wijaya Dahlan Sekretaris Semarang Great Sale, mengungkapkan target transaksi untuk Semarang Great Sale 2017 cukup spektakuler, yakni Rp 200-300 miliar. “Semargres ini juga nantinya bisa meningkatkan sektor ekonomi dan pariwisata, sehingga acara ini didukung penuh Pemerintah Kota Semarang,” ucapnya.

Menurut datanya, pada Semarang Great Sale tahun 2016, jumlah peserta mencapai 1.130 peserta. Adapun, nilai transaksi tahun lalu sekitar Rp 110 miliar dengan jumlah kupon undian yang terkumpul sebanyak 2,2 juta kupon. “Jumlah peserta kami targetkan tahun ini sebanyak 1.250 peserta dengan jumlah kupon 4 juta kupon dan transaksi mencapai Rp 200-300 miliar,” imbuhnya.

Jadi, siap-siap, Semarang kaline banjir. Tapi tahun ini bukan banjir air lho, tapi banjir hadiah dan diskon di Semarang Great Sale 2017.